Home > My Mind > Kurang Juga Nih Depkominfo

Kurang Juga Nih Depkominfo

Gw kali ini bukan pengen komentar tentang UU ITE ato tentang sendawanya sang “pakar”, tapi pengen ngomongin tentang kerjaannya Depkominfo juga yaitu pemblokiran situs2 top gara2 film Fitna

Fitna, film buatan orang Belanda yg lagi marak diomongin karena kabarnya menjelek2an umat Islam itu menarik banyak perhatian termasuk gw, meskipun gw Muslim, personally gw gak terlalu perduli ama tu film soalnya bagi gw bagi gw agama gw, bagi lu agama lu, so marilah berteman sewajarnya. Tapi sayangnya sebagian besar rakyat Indonesia gak sependapat ama gw, termasuk FPI.

FPI langsung panas begitu tahu tentang keberadaan film Fitna ini, langsunglah mereka menyerukan “Bakar & Bunuh Pembuat Fitna” , “Boikot Produk Belanda” , en “usir orang Belanda dari Indonesia” . Gw gak bakal komentar ama yg bakar pembuat Fitna itu, soalnya gw setuju2 aja, bunuh aja tu orang, bikin perkara aja. Tapi yg gw gak setuju adalah 2 pernyataan yg terakhir. Boikot produk Belanda? ngaruh gak sih, wong produk Belanda yg ada di Indonesia dikit, lagian kalo diboikot ntar perusahaannya bangkrut, kasian orang2 kecil di sono, nganggur ntar. Sejenis juga dengan pernyataan ketiga yg usir orang belanda dari Indonesia, ini yg gw gak suka. Dulu pas lagi marak2nya terorisme gara2 rubuhnya WTC kita gak suka orang2 Amerika yg memusuhi seluruh umat Isla tanpa pandang bulu padahal yg teroris cuma dikit, tapi FPI mengusulkan hal yg sama. Bener2, gampang sekali orang Indonesia naik pitam, wong orang2 Belanda sendiri sudah meminta maaf dengan memberi komentar I’m Sorry pada video2 di Youtube, dan juga pada website http://www.sorryforthefilm.com/ dimana di situs itu orang2 Belanda memposting foto mereka sebagai tanda maaf.

Satu lembaga lagi yg panasan yaitu Depkominfo, ya lembaga yg mempunyai website yg baru saja di deface gara2 menggunakan cms gratisan joomla yg belum di patch dimana dana pembuatan websitenya katanya nyampe 15 Milyar. Dengan dalih menghentikan penyebaran film pemecah belah umat itu, mereka mengeluarkan surat edaran kepada ISP2 untuk memblok total situs2 yg menyebarkan film Fitna, diantaranya. youtube.com, metacafe.com, multiply.com, myspace.com, dan rapidshare.com. Pemblokan ini ibaratnya memberantas tikus pada suatu gedung dengan cara membom gedung tersebut, yg gak bersalah kena imbas juga, gak logis bgt kan, apa mereka gak bisa melakukan cara yg lebih elegan dan less-brutal ? sistem flag misalnya. . . . *ngebayangin Menkominfo yg kemaren bilang bahwa situs yg untuk 18 tahun keatas udah pasti situs porno. . . . . . gak, kayaknya Depkominfo blom bisa mikir ke arah cara yg elegan 😀

Sialnya pemblokan situs itu brings more harm than improvement. Misal baru aja denger berita ada Ibu2 pengusaha jilbab yang terancam bangkrut karena Ibu itu melakukan pemasaran dan promosi melalui situs multiply.com . Terus rapidshare.com, memang banyak content aneh di situ, tapi banyak juga content berguna yg dishare disitu, misalkan ebook2. Kapan orang Indonesia mau pinter kalo begini caranya :nohope: .

Untungnya Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) gak sebodoh Depkominfo. APJII bilang bahwa jika tidak ada instruksi yg lebih jelas dari Depkominfo penutupan ini hanya berlaku 10 hari sampai Sabtu (12 Aprl) besok, dan setelah itu hanya akan dilakukan pemblokan terhadap top 10 url (bukan situs) penyebar film Fitna.

I was kinda outraged about this blocking too. Soalnya mulai tadi siang gw udah gak bisa buka rapidshare lagi, untungnya udah nemu cara liciknya 😀 , gw gak bakal ngasih tau triknya disini, takut wordpress diblok ama Depkominfo :p

Advertisements
Categories: My Mind Tags: , ,
  1. fitrianingrum
    April 9, 2008 at 11:37 am

    klo wordpress ikutan di-blok…
    hmmm… entahlah… mungkin hidup gw lebih tenang kali…

    pHi lagi mikir ga jelas >.<

  2. shinji69
    April 9, 2008 at 12:16 pm

    Klo wordpress di-blok, gara2 om Roy itu mah :p

    ato Ahmad Dhani

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: