Home > Wisata Kuliner > Shin-men, 3 April 2008

Shin-men, 3 April 2008

Kamis minggu kemarin, Gw, Jul, en Sendi menjalankan operasi anti sakit hati. Operasi yg udah 2 kali gw lakukan ini dikarenakan oleh event gede2an yg ada di kampus yaitu wisuda. Jadi daripada sakit hati (secara temen2 gw udah wisuda gw blom T T ) kaburlah gw dkk menjauhi kampus sekalian refreshing menjauhi pikiran dari Roy Suryo, Pak nuh, Fitna, en UU ITE (walaupun ternyata disono tetep diomongin jugak).

So, meluncurlah kita menuju Ciwalk (soalnya banyak tempat jalan2, sighseeing, en tempat makan). Kita meluncur ke sono ngangkot soalnya tampaknya Jul masih trauma naik motor gara2 kecelakaan yg dialaminya baru2 ini. Langsunglah kita melakukan tawaf, muter2 ciwalk. Secara gw dari pagi blom makan pergilah gw mencari ganjelan di Yogya (tadinya mau di bread talk, tapi bread talk ciwalk blom jadi). Akhirnya terganjelah perut ini oleh roti seharga 4000 Rupiah, tetapi dengan ukuran sebesar keyboard.

Tak lupa kami mampir ke Animart tempat jualan Anime, J-Music, Action Figure, Ganpura dkk. Kagetnya diriku begitu masuk Animart karena langsung disambut oleh beberapa set action figure dari Haruhi Suzumiya no Yuutsu, one of my favorite anime series. Soalnya baru aja malem sebelumnya gw nyeloteh klo di semua toko action figure yg pernah gw datengin gw gak pernah ngeliat action figure Haruhi. Gak begitu bagus sih action figurenya tapi lucuuuuuu. . . . . . tapi secara gw gak punya duid, bayar kuliah aja blom, so, . . . . . bye bye Haruhi. . . . . . keknya sih tu action figure udah kejual sekarang.

Masuklah ke periode yg paling ditunggu2, yaitu. . makaaaaannnn. Sempat timbul kegundahan di hati ingin menggunakan AMD atau Intel, eh. . . . Mencoba mie dingin di shin-men atau combo double barbecue di ra-cha. . . . . . . . . dan pemenangnya adalah . . . . . . . restoran masakan Jepang shin-men, yg ternyata membuahkan berbagai macam kekagetan.

Sesuai tujuan ingin nyoba mie dingin, gw en Sendi mesen 2 jenis mie dingin, Sendi mesen mie dingin yg namanya zaru. . . . apa gitu, lupa gw, isinya mie dingin, touge , en chicken katsu. Kekagetan pertama terjadi pada Sendi karena sekilas terlihat seperti mie biasa, namun setelah nyruput mie pertama langsung shocking gara2 mienya duingin (ya iya lah, mie dingin). FYI mie dingin di Jepang biasa dimakan di musim panas untuk menyegaran badan, mienya tawar dan cara makannya adalah dicelupkan di kuahnya yg merupakan campuran soyu, wijen, en rempah2 lain. Sialnya klo orang Jepang makannya pas musim panas, kita makannya di Bandung yg lagi musim ujan, sore2, di ruangan ber-AC lagi.

Sendi\'s Zaru

Rasa? tawar, karena seperti yg gw bilang rasa dari mie dingin didapet dari kuah celupnya.

Klo gw mesen mie dingin soba yg dicampur teh hijau, klo gak salah namanya Zaru Cha Soba. Begitu dateng pesenan gw, munculah kekagetan yg kedua, bukan karena dinginnya, tapi karena setengah dari mangkoknya berisi es batu, sampe2 lu bisa bilang gw bukan makan mi pake es tapi “minum” es pake mie.

Zaru Cha Soba

Rasa? better than Sendi, ada rasa2 tehnya karena bisa dilihat dari warnanya dan namanya bahwa pemrosesannya melibatkan teh hijau, entah dicampur atau direndam, teksturnya juga lebih kenyal, en lebih dingin (jelas lah, liat aja tu es batu)

Sedangkan Jul sendiri, didukung oleh rasa penasarannya, mesen Beef Curry Rice, seperti yg gw duga rasanya spicy, pedes, manis, enak 😀

Beef Curry Rice

As 4 the drinks, gw mesen minuman yg namanya Blackberry Delight. Sepertinya sih ini blackberry dijusnya g pake air, kentel bgt soalnya. Rasanya asem2 manis, enak lagi.

Blackberry Delight

Sendi mesen ocha (teh hijau) dingin, katanya sih klo makan dia minumnya pasti teh hijau. Perasaan sih dulu dia minumnya Lime Squash terus klo lagi makan2, mungkin gara2 terakhir kali ke shin-men dia pesen Lime Squash kecutnya Naudzubillah.

Nah si Jul mesen minuman yg menyebabkan kekagetan ketiga yaitu Espresso. Kenapa kaget? soalnya yg dateng adalah cangkir yg kecilnya saingan ama gelas sloki, padahal harganya 9000-an.

Tiny Espresso

Rasa Espresso ini? paitnya gilak, kata si Jul mah udah sama kayak minum Biogesic. Dipikir2 logis juga cangkirnya mini gitu, soalnya segede gitu aja udah mpot2an ngabisinnya, gimana klo cangkirnya gede. Well 1 more blacklisted drink in shin-men after lime squash.

Iseng2 gw en Sendi pingin mesen Sushi, mesenlah kita Tuna (apa salmon ya?) Sushi Roll, 1 set terdiri dari 6 potong “lemper jepang” dengan ukuran yg lebih besar daripada ketika gw makan di Sushi Tei, harganya juga lebih mahal si. . .

Sushi Roll

Rasa sushi yg khas itu terletak pada cukanya yg bikin ikan mentah gak amis, rasanya khas. Sushi biasanya didampingi dengan Soyu (kecap jepang), wasabi (yg ijo2 di foto), dan gari (acar jahe, yg pink2 di foto). si Jul hampir nyocol wasabi mentah2 pake sushinya sebelum gw kasih tau klo wasabinya dicampur ke sayu, untung gw kasih tau, wong si Jul makan yg udah dicampur soyu aja udah sesengukan (begitu dimakan, wasabi panasnya langsung ke idung)

Kesimpulan : lidah gw masih belum begitu terbiasa ama rasa masakan Jepang (terutama soyunya), well back to pecel lele ( karena perjalanan ini ngabisin cukup banyak duid yg memaksa gw untuk makan sederhana T T )

  1. yosuke_kun
    April 13, 2008 at 5:46 am

    anjriit,ngakak terus gw baca hasil kuliner loe :D:D
    terutama soal es batu sama espresso

    btw,haruhinya harganya berapa? 😀

  2. shinji69
    April 13, 2008 at 5:54 am

    wihihi, abis g pernah mujur klo makan disono, trekhir ya tragedi Lime Squash super kecut ituh 😀

    Figure Haruhi klo gak salah sih 300 rb harganya, se-set sih lengkap ada semua anggota SOS Brigade

  3. April 15, 2008 at 4:11 pm

    Well, I have taken quite a close look on your website and I must say that I find it extraordinarily interesting.

  4. fitrianingrum
    April 19, 2008 at 1:00 pm

    Shinji !! Pipit pengen nyobain mie es… eh, es mie…
    Sama espresso.. huaaaa !!

    Tips biar ga sakit hati: sana cepetan lulus gih !! hihihi…

    ** kabooorrr **

  5. shinji69
    April 19, 2008 at 7:06 pm

    @samantha : thx 🙂

    @phi : hiks ini kok niat ngerjain gak ngumpul2

  6. wahyukrisna
    April 27, 2008 at 3:35 am

    walah mas, klo mau kedinginan mbok yo jangan makan mie es lebih baek makan pudding, baru denger jg ada mie pake es??? BISA GITU??? 😀

  7. aVank
    May 2, 2008 at 4:01 pm

    smangat ya nak 😀

  8. June 5, 2008 at 10:51 pm

    ayo Do-TA (baca: DoTA) :mrgreen:

  9. arunamemangmanis
    June 6, 2008 at 7:17 pm

    wah udah terlanjur baca kesimpulannya.
    gak jadi baca dewh. :p

  10. -Gecko Moria-
    June 16, 2008 at 2:00 pm

    Kalo mie yang makannya di air yang mengalir tu namanya apa nggih ?

    pernah liat di kariage kun

    mereka makan mie, trus kuahnya tu air yang dialirin pake bambu gitu, gw mikirinya, kasian orang yang makan di bagian bawah, kena bekas ludah orang yang diatasnya

    Kishishishishsihsihsihsihsishishi

  11. shinji69
    June 17, 2008 at 12:09 pm

    Oh itu namanya somen, mienya tipis en biasanya dimakan dingin2 en pas musim panas.

    Klo yg pake bambu itu namanya “Nagashi Somen” yg artinya flowing somen, biasanya yg suka makan pake metode gini itu bocah, soalnya seru en rame 😀 , cara makannya sama, dicelup ke bumbu. . .

    yg apes emang yg paling bawah, soalnya susah kebagian, apalagi klo yg diatas rakus2 😀

  12. Henri H.
    October 10, 2008 at 12:26 pm

    Wah wah…jadi cinta masakan indo…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

